Malam Selaweh

TRADISI TAHUNAN : MALAM SELAWE (TT.MS)

MS05

Malam Selawe merupakan sebuah tradisi khas bulan ramadhan di Kabupaten Gresik, Malam Selawe biasanya di hari ke 24 ramadhan yang diadakan di Makam Sunan Giri. Tradisi Malam Selawe menjadi puncak ramadhan dikarenakan banyak peziarah yang datang ke Makam Sunan Giri, mulai dari anak kecil, remaja sampai orangtua dan lanjut usia yang berasal dari daerah Gresik, luar daerah dan bahkan luar pulau. Para peziarah berbaur menjadi satu untuk ikthiar, berdoa, mengaji, dengan harapan mendapatkan berkah. Selain itu, peziarah juga berharap mendapatkan malam yang sangat istimewa yang datang hanya satu tahun sekali, yaitu malam Lailatul Qadar.

Tidak ada catatan resmi yang menyatakan sejak kapan Malam Selawe mulai dilaksanakan, namun masyarakat sudah meyakini bahwa tradisi Malam Selawe sudah berlangsung ratusan tahun sejak  jaman Sunan Giri yang sudah diwariskan turun temurun dan sudah menjadi cerita dari mulut ke mulut. Konon pada jaman dulu, pada  malam  selawe murid-murid Sunan Giri yang berasal dari luar kota  atau pulau bersiap-siap untuk mudik , sebelum mereka mudik para santri memanfaatkan Malam Selawe untuk ber-I’tikaf di Masjid Giri tempat suci pusat mereka belajar, berharap mendapatkan Malam Lailatul Qadar pada Malam Selawe, sebelum bersiap untuk mudik keesokan harinya dan tidak lupa membeli buah tangan untuk keluarga di rumah, dan berlangsung di bulan ramadhan setiap tahunnya dan banyak pedagang yang memanfaatkan momen tersebut untuk menjajakan barang jualannya. Mereka berjualan pakaian, makanan khas Gresik, jajanan, asesoris, dll. (www.kotagresik.com/2016/04/malam-selawe-budaya-kota-gresik.html).

Pada tahun 2017 ada  yang  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada perayaan di tahun 2017 ada pameran foto dan vlog di areal pakir motor Makam Sunan Giri yang diselenggarakan oleh Info Gresik. Foto dan vlog yang dipamerkan nantinya akan di perlombakan, peserta lomba berasal dari daerah Gresik dan sekitarnya yang mengangkat tema Gresik Posoan 2017 (#GresikPosoan2017).

KLIK GAMBAR UNTUK MELIHAT DESKRIPSI…

MS (2) MS (9) MS (20)

MS MS05

DSC_0362-800x445 MS01

Screenshot_2017-06-29-11-03-58-1 Screenshot_2017-06-29-11-03-33